Tugas Jurnalistik Part 2 PKMFT  UNJ 2015
#BerpikirKreatif
#BertindakSolutif
Unfa Solfiani / Teknik Elektro 2014


Assalamualaikum. Wr. Wb

Haiiii Teman-teman semua yang paling kece… Unfa sedikit mau menggoreskan cerita seru dan penuh dengan makna saat PKMFT UNJ Part 2 pada tanggal 12-4 Juni 2015 dan berlokasi di Villa Lembah Pertiwi Cisarua Bogor.  Peserta PKMFT pertama harus kumpul di Tugu Pergerakan UNJ Jam 15:00 dan disini peserta bisa melakukan solat Ashar lalu dilanjut makan dan kumpul kelompok setelah itu ada sedikit pengarahan oleh Kak Barqah untuk perjalanan menuju Cisarua dan para peserta diwajibkan naik Bis yaitu Mayasari 98A jurusan Kp. Rambutan atau bisa naik Busway. Lalu dari Kp. Rambutan peserta bisa naik Bis Morita Jurusan Kp. Rambutan- Cisarua atau mencarter Bus sampai Cisarua dan turun di Pasar Cisarua (Pafesta). 

Waktu menunjukkan pukul 17:50 dan peserta melakukan solat magrib lalu peserta dilepas untuk menuju cisarua. Kelompok saya yaitu kelompok 8 yang paling Ceria #CekatanKreatifAktif memutuskan untuk naik Busway dan Alhamdulillah kelompok 8 sampai di Kp Rambutan pukul 20:00 dan setelah itu kelompok 8 join dengan kelompok lain menyewa bus menuju cisarua dan setelah negosiasi harga dengan knek bus akhirnya kelompok saya mendapatkan bis dan akhirnya sampai di cisarua pukul 22:00 setelah sampai kami dikondisikan untuk istirahat sejenak dan makan malam. Setelah itu kami berjalan bersamaan untuk menuju Villa. Disini kami memakan waktu sejam untuk perjalanan ke Villa. Trek nya sangatt Wow deh..  waktu  menunjukkan pukul 01:00 setelah sampai peserta dikondisikan untuk Tidur. Pukul 04:00 pagi peserta dibangunkan untuk Qiyamul lail dan solat subuh lalu dilanjut Al-matsurat dan Kultum disampaikan oleh teman kita Retno Agi Persada..

                Pukul 05:30 Peserta kumpul di lapangan untuk senam Pagi dan disini peserta sangat menikmati senam.  Setalah itu peserta mendapatkan sarapan yaitu segelas the dan roti.. hmm yumyum lumayan buat mengganjel perut yang lapar dari semalam hehee..  pukul 07:30 peserta diwajibkan untuk solat Dhuha hingga pukul 08:00 dan harus ke Aula untuk Materi.. Pukul 08:00 peserta memasuki aula dan dikondisikan oleh TDK. Materi dibuka oleh Kak Roqi. Materi pertama yaitu “Kaderisasi” di Moderatori Oleh Kak Hadi Sumantri Kadept PSDM BEMFT 2015. Kaderisasi ialah proses mencari, lalu menjaga dan membina sehingga kaderisasi harus dilakukan trus menerus agar tercipta calon generasi penerus yang gemilang. Lalu para kelompok mempresentasikan hasil wawancara para tokoh dan di materi ini didiskusikan mengenai Isu kuliah 5 tahun, MPA jurusan dipegang oleh 2014, dan BEMF Dihapuskan. Disini diskusi berjalan sangat seru karena ada pihak Pro dan Kontra dimana terjadi perdebatan yang menarik dan akhirnya.


                Pukul 10:45 diskusi ditutup dan dilanjutkan acara yaitu presntasi tuga kelompok di MC kan oleh Kak Nia. Kelompok 1 mempresentasikan BEM FBS, tata kelola Kasubag Perlengkapan, dan Tokoh Kak Apri. Kelompok 2 mempresentasikan Pola pengkaderan BEM FIS, tata kelola Kasubag, dan Tokoh Kak Irvandi. Namun acara ditutup sementara pukul 12:00 untuk solat zuhur hingga pukul 12:30 dan dilanjut makan siang hingga 12:45 dan setlah selesai acara kembali dibuka dan  Kelompok 3 mempresentasikan Pola Pengkaderan BEM FT, tata kelola Kasubag Kemahasiswaan, dan Kak Yuana. Kelompok 4 mempresentasikan pola pengkaderan BEM FMIPA, tata kelola Laboran Elektro, Tokoh Kak Febriandi. Kelompok 5 mempresentasikan struktur BEM FE, tata kelola Labora Sipil, Tokoh Kak Asiyah. Kelompok 6 mempresetasikan pola pengkaderan BEM FIP, tata kelola Labora IKK, Tokoh Kak Indra Giri. Kelompok 7 mempresentasikan Struktur BEM FIK, tata kelola Labora Mesin, Tokoh Kak Izharudin kamal. Kelompok 8 mempresentasikan Pola Pengkaderan BEM FIK, tata kelola Kajur Mesin, Tokoh Kak Ihsan. Kelomok 9 mempresentasikan struktur BEM FIP, tata kelola Kajur IKK, dan Tokoh Kak Indra Septiawan. Kelompok 10 memperesentasikan pola pengkaderan BEM FE, tata kelola Kajur Elektro, Tokoh Kak Ela. Kelompok 11 mempresentasikan struktur BEM FMIPA, tata kelola Kajur Sipil, Tokoh Kak Elfia zulhijah. Kelompok 12  mempresentasikan pola pengkaderan BEM FT, tata kelola PD 1, Tokok Kak Zarqony alwi. Kelompok 13 mempresentasikan BEM FIS, Tata kelola PD 2, Tokoh Kak Andri muhayat. Kelompok 14 mempresentasikan pola pengkaderan BEM FBS, Tata kelola PD 3, Tokoh Kak Nadya FF.

                Pukul 14:40 presentasi kelompok selesai dan dilanjut ice breaking oleh kak roki. Dan pukul 15:00 dilanjut materi Kapita Selekta oleh Kak Rizky Fajrianto dimana dijelaskan tentang Tri darma Perguruan tinggi, Peran Mahasiswa, Gerakan mengembalikan roh perjuangan, Gerakan ideal, Sejarah keorganisasian Mahasiswa di UNJ Sebelum tahun 1998, Opmawa dan ranah kerjanya, Pembagian Eksekutif dan Legislatif, Visi dan Misi BEM FT 2015-2016 dan perkenalan para pengurus BEM FT 2015-2016.
     
           Pukul 16:00 dilanjut Materi mengenai Sejarah pergerakan Mahasiswa oleh Kak Dani Agustian Kadept Sospol BEM UNJ dari Jurusan Matematika 2006. Sejarah dimulai dari pergerakan mahasiswa, kronologis, biografi, dan mitos. Setalah materi selesai ada pemberian pelakat untuk Kak Rizky Fajrianto dan Kak Dani. Pukul 17:15 dimulai sosialisai Pergerakan aksi 2 sebelum itu oleh kak rizky fajrianto dilakukan sosialisai dan setelah itu peserta membentuk struktur untuk Aksi dan pada pergerakan Aksi 2 mengangkat Isu mengenai Kenaikan BBM dan tujuannya bisa bertemu dengan pemerintah dan meminta agar BBM bisa diturunkan. Pukul 18:10 pergerakan aksi 2 selesai dan peserta dipersilahkan untuk solat magrib hingga pukul 18:45 dan dilanjut makan malam di Aula hingga pukul 19:20

Pukul 19:30 pengkondisian untuk materi selanjutnya. Dan tidak disangka-sangka bahwa akan ada kejadian peserta PKMF yaitu Eki mencuri Handphone warga disini suasana menjadi keruh para panitia dan kakak pengurus BEM FT adu mulut hingga peserta akhirnya ikut turrun agar suasana tidak semakin keruh dan PKMF tetap berlangsung karena kami dari peserta tidak percaya bahwa Eki mencuri Handphone karena pada saat itu sedang ada materi dan peserta tidak keluar dari Villa sama sekali. Akhirnya setelah negosiasi panjang dengan para panitia dan warga yang merasa Handphone nya dicuri akhirnya menemui titik terang bahwa Eki tidak mecuri karna banyaknya saksi yang melihat Eki sedang mengikuti materi pada saat waktu yang dituduhkan terjadi pencurian yaitu pukul 15:00 dan ternyataaaaa kejadian ini hanyalah Simulasi Konflik dan Negosiasi yang memang menciptkan terjadinya Konflik dan Negosiasi agar menemukan titik terang. Simulasinya benar-benar  Petjahhh dan kecee menciptakan sikap untuk menyelesaikan masalah dan Negosiasi. Setelah simulasi akhirnya materi dimulai, yapss materi kali ini tentang Negosiasi oleh Kak Farid. 

Menurut kak farid Konflik itu ada 2 yaitu:
11.  Konflik positif ketika ada dalam hidup kita. Contoh: Tidak ada biaya untuk ke kampus, dimana kita akan   mengusahakan agar bisa ke kampus dengan cara tersendiri.
22.    Konlik negatif ketika tidak ada solusi.

Dan dapat diselesaikan dengan Negosiasi dan ada 4 kuadran yaitu:
11.       Kita sebagai subjek kalah atau objek menang.
22.       Kita kalah dan orang yang diajak negosiasi kalah.
33.       Kita menang orang lain kalah (kuadran persaingan timbul emosional dan konflik baru)
44.       Kita menang dan orang yang diajak negosiasi menag ( win win solution).

Negosiasi adalah upaya mengajak orang lain agar bisa sepakat dengan pendapatnya. Ada 2 macam negosiasi yaitu negosiasi non formal atau lobby dan Negosiasi formal untuk mencapai tujuan bersama.

Tips agar Negosiasi  berhasil:
11.       Kita harus memberikan pilihan-pilihan.
22.       Meyakinkan.
33.       Harus ada feedback.
44.       Tidak mengambang keputusannya dan hitam diatas putih.

               Sekitar pukul 10:00 materi telah tersampaikan dan sebelum itu pemberian pelakat dan goodie bag untuk pemateri. Akhirnya acara hari ini tanggal 13 Juni selesai, peserta dikondisikan untuk tidur dan bangun Jam 01:00 dini hari untuk jurit malam. Waktu menunjukkan 12:45 para peserta wanita sudah terbangun dan siap-siap untuk jurit malam pokoknya udah rapih dan siap banget deh.. dan ternyata para TDK kaget kalo peserta udah pada bangun karena rencana bangunin pake petasan gagal sudah, hehe.. akhirnya setelah itu kami melakukan qiyamul lail dan pukul 13:20 kami berkumpul dilapangan dan dikondisikan untuk persiapan jurit malam. Pukul 02:00 peserta berangkat untuk jurit malam dimulai dengan jalan jongkok hingga tangga kemudian kami jalan ke pos 1 yaitu sungai untuk menemukan batu yang bertulisan kelompok peserta. Untuk kelompok 8 alhamdulillah bisa cepat menemukan batu itu dan filosifinya agar kita bisa menjaga tim work dan kekompakan. Setelah ditemukan kami mendapat korek api dan panitia ingin bagaimana caranya korek api itu bisa menghangatkan kami semua. Kami membuat api unggun dan menghangatkan diri bersama walaupun sebelum menyala cukup sulit untuk membuat api unggun tsb. Setelah menghangatkan diri kami ditujukan ke pos 2 dan kami harus naik dan setelah itu kami dikumpulkan di sebuah sawah lalu kami disuruh menutup mata dengan slayer oleh panitia dan finally setelah semua ditutup matanya siraman kata-kata pun dimulai oleh kak fajri disini kami disadarkan betapa pentingnya kontribusi kami untuk FT dan tentang orang tua kami.. air mata pun akhirnya menetes dan saya pun tersadar dengan kata-kata kak fajri. setelah selesai kami kembali ke Villa dengan berbaris dan memegang pundak teman kita sangat penuh dengan kekompakan.

                Pukul 04:00 kurang lebih kami  sampai di Villa lalu melakukan solat subuh dan ga kerasa kita udah masuk hari terakhir PKMFT Part 2. Setelah itu kami senam pagi dan dipimpin oleh kakak-kakak 2012 dan 2013.. seru deh karena banyak gerakan garu dan goyangan baru dari peserta dan panitia yaitu Kak annisa atau kak ica. Setelah senam kami sarapan dan minum susu lhoo.. yumyum..
Pukul 08:00 kurang lebih kami peserta outbond seru deh outbond nya melatih kekompakan.. setelah itu kami disiram lumpur sama kak maryadi huhu kotor semuaa… pukul 11:30 outbond selesai kami beres-beres, membersihkan diri, dan ganti baju dan solat zuhur. Setelah itu kami membersihkan barak kami. Pukul 12:30 kami kumpul kembali dan makan siang lalu dilanjut acara oleh MC kita kak Ojay yaitu sambutan Ketua Pelaksana PKMFT Kak Andri dan sambutan Ketua BEMFT Kak Rizky fajrianto setelah itu perkenalan para panitia PKMF yang kece-kece bangett. Setelah itu kesan dan pesan oleh peserta. Pukul 15:10 kami melakukan foto bersama dengan panitia PKMF dan seluruh peserta PKMFT. FYI peserta PKMFT  adalah peserta terbanyak PKMF Se-UNJ sebanyak 112 peserta, okee give applause lah untuk kita semua.. dan setelah foto bersama kami foto membuat huruf PKMFT 15 wow mantap!! Pukul 16:00 kami akhirnya dikondisikan untuk pulang.. dan kelompok saya kelompok 8 pulang dengan kelompok 13 join nyater angkot menuju st.bogor dan pukul 19:45 kami sampai di stasiun dan melanjutkan kerumah masing-masing..


                Okey, inilah press release seruntutan rangkaian PKMFT UNJ 2015 12-14 Juni di Villa Lembah Pertiwi, Cisarua Bogor semoga ilmu yang diberikan di Part 2 dapat berguna untuk kita semua.. Sampai ketemu lagi yaa di Press Release Part 3 20 Juni 2015…
Wassalamualaikum. Wr. Wb

#PKMFTUNJ2015
#BerpikirKreatif
#BertindakSolutif
#Hidup Mahasiswa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemantasan Diri

Tugas Jurnalistik Part 1 PKMFT UNJ 2015

Resensi bahasa indonesia