Pemantasan Diri

Tugas Jurnalistik PKMFT UNJ 2015 Part 3
Unfa Solfiani / Teknik Elektro 2014
Lokasi: RW 02 Cipinang Besar Utara
Jumlah Peserta: 88 Orang

Assalamualaiakum. Wr. Wb
     
           Haiii.. Welcome back di press release unfa Part 3.. Disinii unfa bakal ceritain apa aja hal yang terjadi saat  di Part 3. Pagi itu Sabtu tanggal 20 Juni 2015 sebelum menuju Part 3 kami para peserta di briefing dulu nih untuk teknis di Part 3 Minggu 21 Juni 2015. Kami dikumpulkan Jam 10 dan lumayan banyak yang ngaret sih tapi terkecuali unfa yang alhamdulillah tepat waktu J.
Di briefing kami dijelaskan poin-poin yang akan dilakukan hari minggu esoknya.. setelah diskusi akhirnya peserta memutuskan ada 5 poin yaitu:
1.       Penyuluhan
2.       Bank Sampah
3.       Pembelian Lemari Untuk TBA
4.       Taman Baca
5.       Buka Puasa Bersama

Dan untuk menggoalkan acara ini kami peserta harus mengumpulkan dana sebesar Rp. 2.000.000 untuk pengabdian masyarakat di hari minggu. Akhirnya kami para peserta mencari dana sampai pukul 15:00. Ada kelompok yang patungan, jualan, dll untuk mencari dana, dan akhirnya setelah dikumpulkan terdapat dana Rp. 2.270.000 untuk esok hari. Dan setelah terkumpul akhirnya kami dipersilahkan pulang dan wajib menghadiri Part 3 esok hari.
    
Minggu, 21 Juni 2014 Pukul 06:00 Pagi saya sudah harus berangkat ke Cipinang karena rumah saya yang nan jauuuuuhh di mata. Sekitar jam 08:15 saya sampai di halte pedati dan harus jalan kaki ke lokasi dan sampai pukul 08:45. Alhamdulillah On time lagii J setelah itu kami mengisi presensi. Sekitar pukul 10:00 kami dikumpulkan di lapangan untuk segera memulai pengabdian masyarakat dan di arahkah oleh Kak Maryadi. Dan acara pertama kita yaitu Penyuluhan DBD. Pukul 10:20 acara penyuluhan dimulai sebelumnya para peserta keliling dulu nih buat ngajak ibu-ibu dan bapak-bapak setempat buat ikut penyuluhan dan hasilnya lumayan lah yang menghadiri penyuluhan. Acara di MC kan oleh Indrawana Sinaga, dimoderatori oleh M.Enggar Pratama Putra dan materi dibawakan oleh Tommy Koswara. Dan di acara penyuluhan ini antusias warga cukup banyak dari pertanyaan-pertanyaan yang di sampaikan. Setelah acara ini dibagikan kupon untuk berbuka bersama nanti. Dan di pengbadian masyarakat ini peserta di bagi menjadi 4 bagian ada yang membereskan dan mengumpulkan buku untuk TBA nanti, ada yang mempersiapkan konsumsi untuk Buka Puasa, ada yang membeli lemari, ada yang meramaikan penyuluhan.

             Pukul 11:15 Acara selanjutnya dimulai yaitu Operasi Sampah atau Pengumpulan Bank Sampah kami dibagi 12 kelompok untuk menyebar ke 12 RT yang ada di RW 02 dan di operasi semut ini banyak kejadian seruu lhoo.. kebetulan saya dan teman-teman bertugas mmbersihkan RT 10 dan 11 bersama kelompok 10 dan 11 di tour guide kan oleh bu mami disini kami juga dibantu sama adek yang tinggal di RW 02 yaitu izhar dan satunya lupa, hehe.. adik-adiknya keliatan lebih semangat dari kita kakak-kakaknya dan sampah yang dikumpulkan hampir 4 trash bag dari kelompok 10 dan 11. Akhirnya keadaan di RT 10 dan 11 terlihat bersih walupun ga bersih-bersih banget karena masih ada sampah yang basah yang tidak bisa kami ambil. Setelah itu semua kelompok berkumpul acara penyuluhan dan operasi semut selesai dan setelah itu kami dikumpulkan untuk membereskan tempat dan membuang sampah yang ada di tempat penampungan sampah dan setelah itu kami di  persilahkan melaksanakan solat zuhur dan kami diberi waktu sampai jam 13:00.

Jam 13:00 kami sudah ada di lokasi lagi dan bersiap untuk Taman Baca. Kami peserta menggelar banner untuk alas duduk di TBA. Pukul 02:30 setelah semua siap kami memasukkan buku yang sudah dikategorikan ke Lemari yang telah kami beli untuk Taman Baca dan setelah siap lemari dan buku-bukunya dibawa ke lapangan untuk TBA. Kami peserta mencari anak-anak yang mau baca dan kami bimbing untuk membaca dan acara TBA ini sangat seru karena selain membaca kami juga bermain sama adik-adik disana. Setelah membaca ada games dari Kak Maryadi, games nya anak-anak di suruh untuk bernyanyi, menebak pertanyaan, dll. Di games ini ada hadiah untuk peserta yaitu 1 buah BengBeng.. yumyumm enak kan dek? Dan setelah itu dibagikan kupon untuk berbuka puasa nanti.

Pukul 15:32 acara dihentikan dan perserta diarahkan untuk solat Ashar dan harus kembali pukul 16:05 dan kami dikumpulkan lagi di lapangan untuk melanjutkan acara berikutnya. Acara berikutnya yaitu penyampaian Kelompok Terbaik, Peserta terfavorit pria dan wanita, dan Peserta Terbaik pria dan wanita. Untuk kelompok terbaik di raih oleh Kelompok 5, Peserta Terfavorit pria dan wanita yaitu Chabul Budiana dan Sofie Oktaviani, Peserta Terbaik pria dan wanita yaitu Rakha Ramadhana dan Nibras SM.

Pukul 17:00 acara selanjutnya yaitu Kultum, dibawakan Oleh Eky dan Reno dan setelah kultum sambutan dari Ketua BEM FT 2015 kak Rizky Fajrianto.

Pukul 17:50 Adzan Magrib berkumandang kami akhirnya berbuka puasa bersama lalu dilanjut solat Magrib. Lalu untuk menutup Acara PKMFT ini dari Pra, Part 1, Part2, Part3 di tutup oleh Ketua Pelaksana PKMFT kak Andri. Dan dilanjut sambutan dan pengucapan terimakasih dari Sekretaris RW 02.

Sebelum kami pulang, kami membereskan tempat hingga kembali bersih seperti awal kami datang. Dan peserta juga melakukan dokumentasi untuk penutupan PKMFT ini. Namun, Sejatinya walaupun acara PKMFT sudah selesai namun kami harus melanjutkan pemantasan diri ini dan berkontribusi nyata untuk FT, UNJ, dan Rakyat Indonesia sesuai Tri Darma Perguruan Tinggi. Semoga dengan terselenggaranya PKMFT 2015 ini dapat lahir kader-kader baru agen perubah bangsa yang berpikir kreatif dan bertindak solutif.

Sekian press release saya di Par3, nantikan tulisan-tulisan saya selanjutnya yang mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kelakuaan atau perkataan saya yang tidak berkenan. Sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya.. see youuu J
Wassalamualaikum. Wr. Wb

PKMFT UNJ 2015
#BerpikirKreatif
#BertindakSolutif
#HidupMahasiswa!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Jurnalistik Part 1 PKMFT UNJ 2015

Resensi bahasa indonesia