Tugas Jurnalistik Press Release PRA PKM FT 2015 Unfa Solfiani_Kelompok 8_Teknik Elektro_2014

Tugas Jurnalistik Pra PKMFT UNJ 2015



Sabtu 23 Mei 2015

Pra PKMFT Berlangsung pukul 07:00 Dimana telah  ada panitia di depan Sergur untuk mengabsensi para pesertan dan setelah di absen peserta baris di samping sergur dan di atur oleh TIM TDK.
Pada Pukul 08:00 kurang lebihnya para peserta memasuki Lobby Sergur dan melakukan registrasi. Setelah itu para peserta dipersilahkan untuk duduk dan mengikuti rangkaian Pra PKMFT 2015 dengan baik dan tertib.

Pada Pukul 09:00 kurang lebih akhirnya Panitia memulai acara. Acara dibuka oleh Saudara O Jaya Perbangsa dan MC Pra PKMFT 2015 sangat lah interaktif terhadap peserta. Setelah dibuka acara pertama yaitu Tilawah, para peserta sangat menyimak dan khusyu.

Setelah tilawah acara kembali dilanjutkan yaitu Sambutan oleh Ketua Pelaksana PKMFT 2015 yaitu saudara Andri. Sambutan nya sangat menarik dan para peserta di tes jargon oleh saudara Andri dengan Jargon PKMFT 20015 yaitu “ Berpikir Kreatif, Bertindak Solutif” Hidup Mahasiswa!

Setelah sambutan oleh Ketua Pelaksana, MC mengajak peserta untuk Ice breaking dan para peserta sangat antusias dan terhibur oleh ice breaking kali ini.

Ice breaking sudah berlalu tiba ke acara selanjutnya yaitu Sosialisasi Penugasan dipresentasikan oleh saudara Barqah. Penugasan peserta ada dua macam yaitu individu dan kelompok. Tugas individu yaitu membuat tugas Jurnalistik yaitu Press Release setiap rangkaian PKMFT 2015 dari Pra, Part I, Part II, dan Pasca lalu di tulis di akun blog peserta dan share di facebook lalu tag BEM FT UNJ. Untuk tugas Kelompok yaitu Wawancara Opmawa, Kunjungan tokoh FT, Wawancara Sistem Kelola Tata Usaha FT, Video, dan Dana Usaha. Untuk kelompok saya mendapatkan kelompok 8 dengan fasil Kak Rizky Fajrianto, semoga kelompok 8 kompak dan solid. Dan yang terakhir dijelaskan tentang sistem penilaian PKMFT 2015.

Sosialisasi selesai, MC menjeda acara Pra PKMFT 2015 dan para peserta di arahkan untuk menemui fasil nya untuk mendiskusikan kelompok dan penugasan kelompok lalu melakukan Ishoma dan para peserta kembali pukul 12:45.

Waktu menunjukkan pukul 12:35 para peserta bergegas kembali ke Lobby sergur agak tidak terlambat dari waktu yang ditentukan karena jika terlambat akan mengurangi poin. Sampainya di sergur peserta kembali di absen oleh panitia lalu peserta kembali ke tempat semula untuk menyimak materi.

MC kembali membuka acara dan acara dibuka dengan jargon dan petikan “Hidup Mahasiswa!”. Lalu MC mengajak peserta untuk Ice breaking lagi agar peserta tetap semangat dan tidak mengantuk. Setelah selesai MC memulai persiapan materi dan memanggil moderator, moderator kita kali ini yaitu saudara Rizky Fajrianto sebelum materi dimulai beliau sempat memberikan pertanyaan dan cerita singkat agar para peserta lebih antusias.

Pemateri Pra PKMFT 2015 kali ini disampaikan oleh saudara Dipo, Hermawan Tri Bowo, Irvandi Faisal. Namun sayangnya Ketua BEM FT 2012 Dipo tidak dapat hadir sehingga materi hanya dibawakan oleh Hermawan Tri Bowo dan Irvandi Faisal.

Tema diskusi kali ini yaitu “ Pemimpin yang berpikir kreatif dan bertindak solutif ”. Sebelum dimulai Moderator  membacakan CV pemateri setelah itu sambutan pemateri untuk peserta sebelum memulai diskusi.

Diskusi dibuka, pertanyaan pertama diberikan oleh saudara  Rizky yaitu 1. Terkait Problematika dalam BEM FT terkait kepengurusan?

Hermawan Tri Bowo: BEM FT di 2013 ada 60 pengurus namun 2 orang keluar dan tersisa 58 pengurus. 30-40 orang sangat aktif. Untuk panitia PKMFT 2013 ada 80 peserta. Beliau dulu Ketua BEMJ Mesin 2012 Dan untuk kepengurusan sering terjadi perdebatan serius dalam forum namun masih bisa diatasi.
Irvandi Faisal: BEM FT di 2014 ada 84 pengurus. Beliau terpilih melalui pemilu yang sangat alot dimana harus mengikuti pemilu dua kali karena ketika pemilu pertama kotak pemilu hilang. Beliau dulu Kadept Kaderisasi BEMJ MESIN lalu kepengurusannya mengikuti proker BEMFT tahun sebelumnya.

Pertanyaan kedua yaitu 2. Terkait bagaimana pemimpin yang kreatif?

Hermawan Tri Bowo: Kita sebagai aktivis kampus jangan hanya mengikuti inovasi yang terdahulu namun kita harus memiliki inovasi teersendiri dan harus mempertahankan inovasi tersebut. Kita harus kritis dan solid terhadap team work dan saling memberi. Banyak membaca, ciptakan kritis, sampaikan ide mu jangan malu. Saya memberikan quote dari kakak saya yaitu “ Ada 7 hari dalam seminggu. 5 hari untuk kuliah, 1 hari untuk keluarga, 1 hari untuk memberikan ilmu yang kita punya".
Irvandi Faisal: Untuk berpikir kreatif kita harus keluar dari kotak ternyaman kita untuk mencari berbagai ide. PR kita adalah dimana kita tidak mampu mengeksekusi ide kita sehingga ide kita terbuang, maka kita harus mengeksekusi ide kita agar dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Pertanyaan ketiga yaitu 3. Bagaimana membentuk kader-kader yang berpikir intelektualitas?

Hermawan Tri Bowo: Arahkan dirimu manfaatkan waktumu untuk membaca dan diskusi. Jangan menjadi homogen karena percuma mengikuti pelatihan jika kita tidak mau jadi pemimpin.
Irvandi Faisal: Dari Potensi arahkan dan jadikan prestasi. Jangan berikan kondisi nyaman untuk kader-kader teknik dan diri kita sendiri. Karena teknik adalah macan kampus dan di teknik terdiri dari berbagai macam prodi yang saling berkaitan ada tata boga untuk memasak, tata busana menjahit, tata rias merias, teknik elektro instalasi listrik, teknik elektronika dan ptik merepasi elektronik, teknik mesin membetulkan motor, dsb teknik sipil membangun rumah dan di FT sangat berharmonis setiap prodinya sehingga Fakultas Teknik harus lebih maju kader-kadernya dan memajukan FT agar lebih berprestasi.

Setelah 3 pertanyaan diberikan oleh moderator. Moderator membuka sesi pertama tanya jawab peserta untuk 4 orang dan setiap jurusan 1 orang penanya dan disini berlangsung sangat menarik diskusi nya. Stelah terjawab untuk sesi kedua ada 2 orang penanya dari jurusan Sosiologi. Semua pertanyaan terjawab dan sesi pertanyaan dan diskusi kali ini selesai karena waktu menunjukkan pukul 16:30 kurang lebih dimana materi sudah selesai. Setelah itu dilanjut oleh pemberiang kenang-kenangan.

Setelah selesai MC kembali membuka acara lalu bersiap untuk menutup acara Pra PKMFT 2015 kali ini sebelum ditutup para Ketua Kelombak diberikan Dana usaha sebesar RP. 30.00 dan harus kembali modal dan mendapatkan uang untuk part II sebanyak-banyaknya setelah selesai para ketua kelompok kembali duduk dan peserta melakukan doa bersama dipimpin oleh saudara Roqi. lalu ditutup dengan Jargon PKMFT 2015 “ Berpikir Kreatif, Bertindak Solutif” Hidup Mahasiswa!. Setelah selesai TIM TDK mengatur para peserta untuk pulang dan terlebih dahulu solat. 

Untuk kesimpulan diskusi saya menyimpulkan bahwa "Kepengurusan BEM FT untuk kedepannya harus lebih baik dan membuat proker-proker yang lebih kreatif dan harus berkaca dari kepengurusan BEM FT sebelumnya. Kita sebagai aktivis kampus juga  jangan hanya mengikuti inovasi yang terdahulu namun kita harus memiliki inovasi teersendiri dan harus mempertahankan inovasi tersebut. Kita harus kritis dan solid terhadap team work dan saling memberi. Banyak membaca, ciptakan kritis, sampaikan ide mu jangan malu. Untuk berpikir kreatif juga kita harus keluar dari kotak ternyaman kita untuk mencari berbagai ide. Dan kita harus mengeksekusi ide kita agar dapat bermanfaat untuk orang banyak. Arahkan diri kita  manfaatkan waktu untuk hal positif yaitu membaca dan diskusi. Jangan menjadi homogen karena percuma mengikuti pelatihan jika kita tidak mau jadi pemimpin. Dari Potensi arahkan dan jadikan prestasi. Jangan berikan kondisi nyaman untuk kader-kader teknik dan diri kita sendiri. Karena teknik adalah macan kampus dan di teknik terdiri dari berbagai macam prodi yang saling berkaitan ada tata boga untuk memasak, tata busana menjahit, tata rias merias, teknik elektro instalasi listrik, teknik elektronika dan ptik merepasi elektronik, teknik mesin membetulkan motor, teknik sipil membangun rumah senhingga Fakultas Teknik harus lebih maju kader-kadernya dan memajukan FT agar lebih berprestasi "

PKMFT 2015 “ Berpikir Kreatif, Bertindak Solutif” 
Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!


Tugas Jurnalistik
Press Release PRA PKM FT 2015. 23 MARET 2014
Unfa Solfiani Kelompok 8 Teknik Elektro 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemantasan Diri

Resume Materi PAM UNJ Part I

Investigasi Isu Penugasan Individu PAM